Wednesday, November 14, 2012

Bersiaplah Menjawab Pertanyaan Sulit dari Pelanggan


Tidak ada seorang pebisnispun yang ingin dihadapkan pada pertanyaan2 yang sulit dijawab, apalagi pertanyaan itu berasal dari pelanggan prospektif yang susah untuk diyakinkan. Sialnya, seringkali jawaban yang kita berikan justru akan menjadi penentu apakah kita bisa meyakinkan mereka untuk menggunakan produk/jasa kita atau tidak.  Berikut tips yang saya dapat dari HBR (Harvard Business Review) :

  • Klarifikasi/ulangi pertanyaan sebelum menjawab.  Ulangi pertanyaan dari pelanggan, dengan menggunakan kalimat kita sendiri, atau minta pelanggan untuk menjelaskan lebih jauh tentang pertanyaannya.  Itu akan menghindarkan kita terlihat bodoh karena memberikan jawaban yang sebenarnya bukan maksud dari pertanyaan mereka.
  • Berikan jawaban dari sudut pandang seorang pakar.  Pelanggan anda akan cenderung lebih mempercayai seorang "konsultan" yang telah lama dalam suatu bidang tertentu, dibanding seorang salesman biasa yang mengerti cara kerja suatu produk.  Tunjukkan bahwa anda bisa menggunakan keahlian anda untuk memecahkan masalah mereka.
  • Tetap tenang. Terlepas dari apapun pertanyaannya, percaya diri saja dan tidak usah bersikap defensif.

Demikian tipsnya.  

Menurut saya, ada satu point terpenting yang seharusnya dilakukan :  Be honest :-)
Saya yakin pelanggan akan lebih menghargai kalo kita jujur dibanding memberikan jawaban sok tahu.



0 comments:

 

Copyright © CARPE DIEM!!! Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger