Wednesday, July 11, 2007

Mirip Berarti Jodoh??

“Eh, wajah kalian berdua kok mirip ya?? Wah...berarti kalian berdua memang jodoh lho..”

Sounds familiar??

Seandainya ada orang yang berkomentar seperti itu ketika berpapasan dengan saya dan pacar saya, perasaan saya pasti bakalan berbunga-bunga. Dan mungkin itu juga yang dirasain pacar saya. Mungkin. (Efeknya mungkin akan berbeda 180 derajat buat pasangan yang udah bertahun2 menikah :-p)

Komentar seperti itu emang udah jadi semacam ‘pujian’ standar buat sepasang sejoli yang sedang dimabuk cinta (halah!). Terlepas itu mungkin hanya sekedar basa basi busuk atau memang benar2 tulus memuji dari hati yang paling dangkal...eh, dalam maksudnya, komentar seperti itu akan membuat orang yang dikomentari terbang tinggi.
Komentar seperti itu juga mungkin akan membuat pikiran sang cewek tiba2 meloncat ke sebuah acara pernikahan yang megah dan sakral, lalu loncat lagi ke sebuah tempat romantis dimana dia dan pasangan serta 2 orang anaknya yang lucu2 sedang bermain dan bercanda ria dalam gerakan slow motion ala film2 hollywood (diiringi background pandangan kagum dan iri dari orang2 sekitar), kemudian meloncat lagi pada adegan dimana dia dan pasangan dalam versi yang jauh lebih tua (tetapi tetep cantik tentunya) sedang asik duduk dan tertawa di beranda rumah dikelilingi oleh anak dan cucunya.

Okeh, kembali ke lap....toooooop.
Apa iya ada kaitan antara kemiripan wajah sama jodoh??
Apa iya orang yang bentuk wajahnya lonjong akan berjodoh sama orang berwajah lonjong juga?
Apa iya orang bermata sipit gak mungkin berjodoh sama orang yang matanya belok?

Well, IMHO, kepercayaan ataupun teori yang mengkaitkan kemiripan wajah dengan jodoh ini adalah sama sekali gak bener, gak ilmiah dan gak bisa dipertanggung jawabkan. Kenapa?? Setidaknya ada tiga alasan saya :

Pertama, sampai detik ini saya belum menemukan satupun data hasil penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran teori ini.

Kedua, saya juga gak pernah mendengar atau membaca satupun riwayat hadits yang bisa mendasari kepercayaan seperti ini.

Dan ketiga, masa sih saya berjodoh sama Brad Pitt?? yang bener aja!! :-p

So, menurut saya kepercayaan seperti ini tuh gak lebih dari mitos konyol yang maksa banget...nget....nget...nget...
Walaupun mungkin ada beberapa pasangan suami istri yang KEBETULAN punya kemiripan dalam hal struktur wajah mereka, tentunya mereka berjodoh bukan disebabkan faktor itu. Yang pasti itu udah dituliskan 4JJ SWT di Lauhul Mahfuzh, it called TAKDIR :-)

Ehm, tetapi seandainya suatu saat nanti ternyata ada yang bisa 100% membuktikan kebenaran teori/kepercayaan ini, saya pasti bakal bela2in nyari duit yang banyak buat biaya operasi plastik biar wajah saya mirip Dian Sastro atau Sigi Wimala :-D

5 comments:

Anonymous said...

betul namanya jodoh sudah ditentukan sama Allah SWT, jd ngga ada tuh korelasinya sama kesamaan fisik pasangan..btw iraha atuh rek nikahna yeh abdi mah tos gaduh 2 (anak sanes istri)...diantos ulemanana-insan-

Anonymous said...

Hahaha ada-ada aja Ky. Tapi setuju lah, kalau itu cuma mitos aja, bahwa yang namanya jodoh banget itu orang-orang yang punya kesamaan wajah. Tapi masih mending dink! Daripada yang suaranya sama hehehehe gak kebayang deh!

Btw, jangan operasi mirip Dian Sastro buat dapetin doski, karena doski justru naksir yang mirip2 Brad Pitt .... itu juga kalau lo tetep maksa bahwa lo mirip Brad Pitt.

Ok c u...

-BaRT-

Anonymous said...

Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira. Se você quiser linkar meu blog no seu eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. (If you speak English can see the version in English of the Camiseta Personalizada. If he will be possible add my blog in your blogroll I thankful, bye friend).

Rifky said...

To Bart :

Hahaaa...
Bart, gw sih gak yakin gw mirip2 ama Brad Pitt. Tapi ya gimana lagi atuh, temen2 gw pada keukeuh maksa mirip2in gw ama Brad Pitt :-p

To Insan :

Insaaaaannn....Kumaha kabarna? Damang?? kerja di Qatar yah skr?
Weleh...weleh...hebat euy...
Duh, jangan dulu nanya2 nikah ah, masih gak tega soalnya kalo mesti milih satu diantara ratusan kandidat, khan kasian buat yang gak beruntung dapetin gw...heheee..

Anonymous said...

wah...menarik..
aq jg bikin thread ttg jodoh itu mirip
sudilah utk mampir :D
http://brainplusplus.wordpress.com/2008/11/03/benarkah-jodoh-itu-mirip/

 

Copyright © CARPE DIEM!!! Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger