Thursday, March 22, 2007

Ophiuchus : Brand New Zodiac



Guyrls..., udah pada tau belum sih kalo ternyata konstelasi zodiak yang kita kenal selama ini sebenernya ditentukan berdasarkan pergerakan matahari melalui konstelasi bintang2 sekitar 2,5 abad yang lalu.

Nah menurut para ahli astronomi (atau astrologi ya..??), dikarenakan adanya perubahan pada rotasi dan orbit bumi, ternyata sekarang ini matahari bergerak melalui 13 konstelasi rasi bintang (tidak hanya 12 seperti yang kita tau selama ini).
Okeh, ini dia susunan konstelasi rasi bintang yang baru :

Pisces (13 Maret – 19 April)
Aries (20 April – 12 Mei)
Taurus (13 Mei – 20 Juni)
Gemini (21 Juni – 19 Juli)
Cancer (20 Juli – 11 Agustus)
Leo (12 Agustus – 17 September)
Virgo (18 September – 31 Oktober)
Libra (1 November – 21 November)
Scorpius (22 November – 30 November)
Ophiuchus (1 Desember – 18 Desember)
Sagitarius (19 Desember – 18 Januari)
Capricornus (19 Januari – 17 Februari)
Aquarius (18 Februari – 12 Maret)

Hemm... itu berarti zodiak saya berubah dari Scorpio, menjadi Virgo sekarang :-p
What about yours??

Saya jadi berpikir, berita ini tentunya akan sangat ‘memukul’ buat para penggemar dan penganut horoskop atau ramalan bintang. Bayangkan saja, mungkin orang2 yang selama ini percaya banget dan sering memutuskan hal2 dalam hidupnya berdasarkan zodiaknya, pastinya akan pusing 49 keliling *hahaa...rasain kalian.... :-p*

Jangankan mereka yang zodiak-mania, saya saja yang tidak percaya zodiak jadi merasa agak2 gimanaaa gitu perasaannya setelah tau kalo zodiak saya sekarang adalah Virgo. Dari kecil saya ‘dicekokin’ kalo saya itu seorang scorpio dengan segala plus minus yang menjadi karakter seorang scorpio. Katanya watak dan kepribadian -- bahkan nasib di kemudian hari – kita dipengaruhi oleh posisi bintang saat kita dilahirkan. Terus katanya zodiak ini tuh jodohnya sama zodiak ini lah, and gak cocok sama orang berzodiak itu lah, and bla...bla...bla....

Tapi untungnya seiring bertambahnya umur, saya menganggap hocus pocus tentang zodiak ini boleh saja digunakan tapi HANYA untuk sekedar joke and fun doank, gak saya anggap serieus...eh, serius maksudnya.


Apalagi sebagai seorang muslim tentu saja sudah jelas buat saya bahwa ada konsep yang bernama TAKDIR dan IKHTIAR untuk menjelaskan tentang nasib, jodoh ataupun karir misalnya.
Sepengetahuan saya, seorang muslim yang percaya dengan ucapan peramal (ahli nujum) sama saja dianggap telah kafir kepada-NYA (CMIIW).

Well buat saya, berita ini seharusnya membuktikan dan meyakinkan kepada berjuta juta orang penganut zodiak di luar sana bahwa ramalan2 yang berdasarkan horoskop sebenernya hanyalah sekedar isapan jempol belaka. Saatnya berpikir lebih jernih dan logis. IMHO, Allah SWT ngasih kita kemampuan (terutama melalui akal dan budi yang kita miliki) untuk turut andil menentukan takdir kita sendiri. Takdir kita tidak hanya dipengaruhi oleh dibawah rasi bintang apa kita lahir. Bahkan seandainya memang itu berpengaruh sekalipun, saya meyakini pengaruhnya sangat sangat sanggaaatttt keciiiiiilll sekali, pokoknya saya berani mengatakan pengaruhnya sangat tidak RELEVAN DAN SIGNIFICANT *maaf buat Jarwo Kwat karena udah mengutip kata2 favoritnya*

Walaupun faktanya hingga sekarang ini masih banyak orang masih mempercayai ramalan bintang yang menghiasi banyak majalah2 ataupun tabloid2 di Indonesia.
Dan sudah menjadi kenyataan juga kalo astrologi masih menjadi barang dagangan yang laris manis di Indonesia sini. Untuk hal ini, di sisi lain saya juga harus mengacungi jempol untuk para astrolog yang piawai menjual ‘dagangan’ mereka melalui permainan kata2 sampai bisa mempengaruhi banyak orang dengan ramalan2 berbasis horoskop mereka. They’re truly ‘great’ marketers :-)

Okeh, sebagai penutup sekaligus kesimpulan tulisan ini, saya beranikan diri untuk mengutip firman Allah SWT :

"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami mengadakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah."
(QS 57:22).

2 comments:

Anonymous said...

sama dunk, dulu aq juga scorpio tapi skrg jadi libra!
agak gmn gt!
tp peduli amat z?
aq toh jg g percaya ma ramalan!
tapi aq kagum ma ilmu yang mempelajari langit!
seperti kata weh dalam edensor: "langit adalah kita yang terbentang".

Anonymous said...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!

 

Copyright © CARPE DIEM!!! Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger