Monday, December 12, 2005

Carpe Diem!!!

Bismillahirrahmanirrahiim…
Akhirnya gw mencoba memberanikan diri buat bikin blog. Sebelum ini sih gw selalu ragu2 gitu kalo mau nulis blog karena: pertama, gw gak pandai mengekspresikan sesuatu dalam bentuk tulisan (lisan juga sih ;-p); kedua, akses gw ke internet masih sangat terbatas, khan percuma aja nantinya kalo udah punya blog tapi jarang banget diisi, jadinya mubazir waktu & tenaga; ketiga, persatuan Indonesia (eh, itu mah pancasila yaks??)…yang ketiga sih karena gw termasuk orang introvert, so gw gak begitu biasa untuk mengekspresikan ide, pikiran, or perasaan gw buat konsumsi umum. But anyway....setelah melalui berbagai macam pertimbangan, semedi berminggu-minggu di puncak mahameru, and wangsit yang gw dapet dari mimpi-mimpi gw, akhirnya gw mutusin buat nulis blog pertama gw...and here I am....:-)


Mudah-mudahan apa yang gw tulis dan yang akan gw tulis nantinya bisa jadi sesuatu yang bermanfaat buat siapa aja yang baca, karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang banyak memberi manfaat buat orang lain. Karena gw pengen jadi manusia seperti itu. Manusia yang bisa membuat orang lain bernapas lebih lega dengan kehadirannya, manusia yang bisa membuat beban orang lain lebih ringan dengan kehadirannya, dan manusia yang bisa membuat hidup orang lain lebih bermakna dengan kehadirannya...Insya Allah...

Otre deeeh, seperti layaknya orang yang baru pertama kali masuk ke dalam ‘dunia lain’ tentunya gw musti kudu wajib memperkenalkan diri gw dulu yaks. Nama gw Rifki, lengkapnya Rifki Chaerul Iman. Kebanyakan temen2 manggil gw Rifky aja, kalo keluarga gw and beberapa temen deket biasa manggil gw kiky (imut banget yah :-p), malah dulu ada beberapa temen di smu manggil gw sarah (it’s a long story...heheee). Saat ini gw lagi ngambil kuliah program pasca sarjana di salahsatu PTN di bandung, and lagi mencoba menyingkirkan segala kemalasan gw untuk segera menyusun thesis gw (entah kenapa bawaannya ngantuk terus tiap kali mau ngetik thesis). Sambil nyusun thesis, gw ama temen2 gw juga lagi mulai belajar berwirausaha kecil2an buat mengasah skill entrepreneurship kami, soalnya gw punya obsesi untuk menjadi seorang entrepreneur Indonesia yang mengglobal nantinya (Insya Allah...Amieen...). Intinya sih, kalo sekarang ini banyak orang ngambil jalan jihad melalui aksi bom bunuh diri, nah kalo gw pengen berjihad membangun ekonomi dan kesejahteraan umat melalui pengembangan jiwa entrepreneurship agar saudara2 seiman and sebangsa gw bisa terentaskan dari kemiskinan, karena katanya kefakiran itu dekat kepada kekafiran.

Dalam hal entrepreneurship ini gw punya beberapa role model yang gw kagumi dan menginspirasi gw untuk selalu istiqomah di jalur ini. Yang pertama tentunya Nabi Besar Muhammad SAW, yang merupakan seorang entrepreneur sejati dan merupakan sebaik-baiknya teladan bagi umat manusia (I think every one will agree about this one...). Yang kedua adalah bokap gw, walaupun beliau ini ‘cuma’ lulusan SMA tapi sampai saat ini udah berhasil membiayai kelima anaknya kuliah (satu lagi akan menyusul). Belum lagi orang2 yang beliau biayain pendidikannya. Beliau ini tipe orang yang gak banyak omong tapi pekerja keras. And above all that, beliau ini orang yang selalu jujur dalam berdagang karena beliau gak mau memberi makan keluarganya sedikitpun dari rezeki yang haram. Yang ketiga adalah Aa Gym, karena beliau ini bagi gw merupakan representasi seorang pengusaha yang selalu sebisa mungkin menjalankan usaha dengan prinsip2 islami dan mencari ridha Allah. He is the kind of ‘walk the talk’ type of person, tidak sekedar omdo (omong doank) kalo kata ABG jaman sekarang mah. Dalam kondisi dan jaman yang serba kotor seperti saat ini, beliau adalah bukti hidup bahwa berbisnispun bisa dilakukan dengan cara2 yang jujur tanpa harus menghalalkan segala cara. Yang keempat adalah Pak Purdi E Chandra (PRIMAGAMA’s founding father) dengan konsep ‘street smart’ nya. Buah pikiran beliau yang tercermin dalam artikel2/tulisan2 di berbagai media senantiasa provokatif (dalam arti yang positif) dan sangat memberi inspirasi. Dari tulisan2 beliaulah gw mendapat keyakinan bahwa siapapun bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Jadi entrepreneur itu gak musti pinter, punya bakat, de el el. Sebenernya masih banyak orang2 yang menjadi inspirasi gw, tapi kayaknya terlalu banyak deh kalo musti disebutin semuanya.

Now let’s talk about tema blog gw and sekaligus tema dari tulisan pertama gw ini yaitu : Carpe diem!!
Well, gw gak begitu tau carpe diem ini berasal dari bahasa mana, mungkin dari bahasa latin or something. Artinya kurang lebih : Rebutlah hari ini!!
Very inspiring khan artinya?? At least menurut gw sih begitu, sederhana and simple tapi punya arti yang dalem bgt. Gw gak begitu inget kapan pertama kali gw denger kata ini. Yang jelas terakhir gw denger kata carpe diem ini waktu nonton film “Pirates of Sillicon Valley”. Kata ini diucapkan oleh Steve Jobs (Apple’s founding father) di depan ratusan karyawannya waktu pertama kali melaunch produk MacIntosh untuk pertamakalinya.
You see, dalam hidup ini kita punya tiga macam hari : hari kemarin, hari ini, dan hari esok. Hari kemarin adalah hari yang sudah terjadi dan tidak bisa kita ubah lagi. Hari kemarin ‘hanya’ bisa kita jadikan sebagai pelajaran dan ambil hikmahnya, tetapi kita tidak bisa lagi melakukan sesuatu untuk mengubahnya. Hari esok adalah hari yang belum terjadi. Seringkali kita terlalu banyak menghabiskan energi dan waktu untuk mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi, seringkali kita terlalu pesimistis dan takut ketika memikirkan hari esok. Mahatma Gandhi pernah bilang : “The future depends on what we do in the present.” That means kita bisa menentukan sendiri bagaimana masa depan kita, kita sendiri yang menentukan akan jadi seperti apa hari esok kita. You are never given a wish without being given the power to make it come true!! So...Carpe diem!!!.... Rebutlah hari ini!!!... Dengan merebut hari ini, berarti kita telah merebut hari esok kita. Dengan berbuat sesuatu yang positif dan produktif hari ini, berarti kita telah menciptakan masa depan yang cerah untuk kita. Kita sendirilah yang menentukan takdir kita, bukan takdir yang mengendalikan kita. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Walaupun pada akhirnya Allah SWT yang menentukan, tetapi percaya deh, segala sesuatu yang kita lakukan tak akan luput dari penglihatan-Nya. Allah Maha Adil. Allah gak akan salah menghitung setiap tetes keringat yang kita kucurkan untuk berikhtiar mencari ridha-Nya, dan kemudian akan menampung dan mengumpulkannya sebagai tabungan amal kebaikan kita. Insya Allah...

Otre deeh, kayaknya gw udah terlalu banyak nulis prolog buat blog gw yang tidak seberapa ini. Akhir kata, semoga blog gw ini bisa memberikan banyak manfaat buat orang lain... I’ll see you all in my next writing....Amieen...Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh....

0 comments:

 

Copyright © CARPE DIEM!!! Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger